Tips Nikah

Sudah Mau Lamaran, Hal-hal Ini Perlu Kamu Siapkan!

Yeay, akhirnya kamu dan sang pujaan hati telah berkomitmen untuk melangkah ke jenjang lebih lanjut! Tentunya kamu dan pasangan tidak serta-merta langsung menikah. Ada prosesi lamaran yang akan dilalui sebagai ‘permohonan izin’ dari pihak laki-laki untuk meminang perempuan pilihannya.

Sebagian orang memilih prosesi lamaran yang sederhana. Sementara sebagian lainnya memilih untuk merayakan momen kebahagiaan dengan prosesi yang lebih mewah. Apa pun pilihanmu, proses lamaran harus berjalan dengan sakral dan perlu persiapan. Berikut ini adalah beberapa hal penting yang dapat kamu pertimbangkan dalam mempersiapkan acara lamaran:

 

1. Dana

Sebelum semuanya direncanakan, tengok dulu anggaran yang mampu digelontorkan. Karena pihak laki-laki nantinya akan menjadi tamu, biasanya pihak perempuan yang akan menjadi tuan rumah dan mempersiapkan tempat serta sajian. Diskusikan dengan keluarga untuk menentukan pengeluaran dan memastikan format prosesi yang diinginkan.

 

2. Wedding Organizer?

Sejumlah hal utama yang harus dipikirkan selanjutnya adalah tempat, hidangan makanan, dan undangan. Pertimbangkan apakah prosesi lamaran akan dilakukan di rumah atau di gedung sewaan? Perlu pesan katering atau para tetangga berkenan gotong-royong memasak? Bila kamu tidak memiliki banyak waktu, tidak suka ribet, dan memiliki dana yang memadai, gunakan jasa wedding organizer untuk membantu persiapanmu.

 

3. Seserahan

Tradisi memberikan seserahan atau hantaran masih sering dilakukan di Indonesia hingga kini. Seserahan dari pihak laki-laki menjadi simbol keseriusan untuk meminang calon istrinya. Bahkan, tak jarang tradisi ini juga dijadikan simbol status sosial pihak laki-laki. Seserahan dapat dilakukan bersamaan dengan lamaran, atau sebelum akad nikah. Biasanya, seserahan terdiri atas berbagai keperluan calon istri, mulai dari alat mandi, kosmetik, pakaian lengkap, sepatu, tas, dan sebagainya. Selain itu, ada juga pihak laki-laki yang menyertakan sejumlah uang dalam seserahan.

Bila kamu dan keluarga juga menganut tradisi ini, pastikan mempersiapkan seserahan sesegera mungkin mengingat banyaknya barang yang harus dicari. Saat ini, pihak perempuan dapat turut memilih sendiri barang-barang yang diinginkan untuk dijadikan seserahan. Siapa tahu bakal lebih cocok dan bermanfaat kan?

 

4. Pakaian

Meskipun berniat mengadakan momen lamaran yang sederhana, tentu kamu tidak bisa main-main dengan pakaian. Mempersiapkan pakaian sepertinya sepele tetapi dapat menjadi masalah bila tak turut dipikirkan. Putuskan apakah kamu akan membeli pakaian jadi atau menggunakan jasa penjahit. Menggunakan jasa penjahit mungkin akan memerlukan waktu lebih lama daripada membeli pakaian jadi.

Selanjutnya, pertimbangkan juga apakah kerabat dan saudara akan menggunakan pakaian yang sama. Jangan lupa memesan perias bila kamu tak cukup yakin untuk berias sendiri.

 

4. Cincin

Sepasang cincin dalam prosesi lamaran bersifat opsional. Cincin tersebut dapat menjadi penanda bahwa kamu sudah dilamar dan akan segera menikah. Pihak laki-laki dan perempuan dapat saling bertukar cincin sendiri, atau dipakaikan oleh calon ibu mertua masing-masing. Namun ada juga yang hanya memberikan cincin kepada pihak perempuan. Sesuaikan dana dengan cincin yang diinginkan dengan mempertimbangkan bahan dan desain. Kamu bisa pilih cincin platinum, emas kuning, atau emas putih. Bila dana terbatas, cincin perak pun bisa jadi pilihan yang tak kalah cantik.

 

Mempersiapkan lamaran sejak dini dengan cermat akan membuatmu lebih tenang. Setidaknya, kamu dan pasangan mulai berlatih mempersiapkan pernikahan. Semoga lancar ya!

Share this :
Previous post

Serba-serbi Urus Nikah di KUA, Pelajari Tahapannya, Yuk!

Next post

Cara Biar Kamu Bisa Punya Rumah Sebelum Usia 25

Komentar Anda