Tips Nikah

Biaya Pesta Nikah di Bawah Rp 30 juta? Bisa!

Tentu semua orang menginginkan pesta pernikahan yang berkesan. Ada yang sanggup menghabiskan ratusan juta rupiah untuk menggelar pesta pernikahan yang meriah. Namun, berkesan tidak harus selalu berarti megah dan mewah. Bila kamu termasuk calon pengantin yang ingin berhemat dan mempertimbangkan ketersediaan dana, kamu bisa kok mengadakan pesta dengan budget di bawah Rp 30 juta. Ini yang perlu kamu perhitungkan:

 

1. Tempat

Biar lebih hemat, kamu bisa mengadakan pesta di rumah, atau di fasilitas masyarakat yang lebih murah, misalnya balai desa atau kelurahan. Biasanya desa juga memiliki fasilitas bersama seperti tenda, kursi, meja, dan sound system yang bisa dipinjam. Dekorasi bisa kamu atur sendiri dengan ketersediaan dana yang kamu miliki.

 

2. Jumlah tamu

Jumlah tamu akan sangat berpengaruh pada luas tempat yang diperlukan, pemesanan katering, serta pembuatan undangan dan suvenir. Jadi buatlah perhitungan yang paling sesuai dengan kemampuan.

 

3. Katering

Katering biasanya ada di daftar pertama pengeluaran tertinggi pesta pernikahan. Karena itulah kamu perlu mengatur jumlah tamu. Bila memungkinkan, tetangga dan saudara dapat menjadi sumber bantuan untuk memasak hidangan pesta.

 

4. Rangkaian acara

Minimalkan rangkaian acara dan padatkan dalam satu hari. Cukup adakan akad nikah sekaligus resepsi di satu tempat pada hari yang sama.

 

5. Undangan dan suvenir

Pilih undangan berbentuk sederhana saja yang penting menampilkan informasi dengan jelas. Untuk teman dekat dan saudara, kamu bisa langsung mengundang melalui telepon, email, atau mendesain undangan sendiri yang dikirim melalui layanan pesan singkat seperti WhatsApp atau LINE. Untuk suvenir, pilih juga yang tidak terlalu mahal dan berukuran ringkas sehingga tidak merepotkan tamu.

 

6. Baju pengantin

Baju pengantin hanya akan digunakan sekali. Bila ingin berhemat, sebaiknya pertimbangkan untuk menyewa baju pengantin sekaligus jasa tata rias.

 

7. Mahar dan hantaran

Mahar atau mas kawin memang menjadi syarat sahnya pernikahan tetapi bukan berarti harus barang mahal. Begitu juga dengan hantaran yang bersifat opsional. Bila kamu dan keluarga menganut tradisi menyediakan hantaran, pilih barang-barang yang benar-benar dibutuhkan. Mas kawin tidak harus berupa perhiasan. Bila ingin perhiasan, kamu bisa mengolah perhiasan emas lama untuk dijadikan cincin baru. Perhiasan perak pun bisa jadi pilihan hemat.

 

8. Panitia

Untuk menghemat biaya pesta, kamu jelas tidak akan menggunakan jasa wedding organizer. Sebagai gantinya, ajak teman, saudara, dan tetangga untuk terlibat dalam persiapan pesta, termasuk mengurus dokumentasi, hiburan, dan hal lainnya pada saat pesta berlangsung. Sebagai gantinya, kamu bisa ikut membantu mereka bila suatu hari mereka mengadakan acara.

Begini kira-kira perhitungan budget pesta pernikahan hemat untuk 100 undangan, yang dikutip dari swara.tunaiku.com:

  • Sewa tenda Rp 4.000.000
  • Dekorasi Rp 4.000.000
  • Make up dan sewa baju Rp 3.000.000
  • Cincin kawin Rp 3.000.000
  • Undangan Rp 4.000 x 100 Rp 400.000
  • Suvenir Rp 2.000 x 100 Rp 200.000
  • Hidangan Rp 13.000.000
  • Sewa kamera Rp 500.000

Total Rp 28.100.000

 

Kamu tinggal sesuaikan sendiri anggaranmu dengan contoh perhitungan di atas. Jadi, buat kamu yang beranggapan uang tabungan lebih baik digunakan untuk berumah tangga pascamenikah, semoga tips di atas membantu ya!

Share this :
Previous post

Udah Nikah Tapi Kok Masih LDR, Sih? Atasin Aja Pake Cara Ini!

Next post

Ide Seru Pesta Pernikahan Outdoor

Komentar Anda